Apr 26, 2017 Last Updated 11:49 PM, Jun 20, 2016

Jumpa Master IPS Spensabo

Spensa - Perkenalkan nama saya Muhammad Amirul Mu’min, biasa dipanggil “Irul” atau “Amirul”. Saya tinggal di Jl. Kenari no.36 Ngroworejo Bojonegoro. Alhamdulillah, pada tanngal 17 – 23 Mei 2015, saat masih duduk dibangku kelas VIII, saya mengikuti Olimpide Sains Nasional bidang IPS di Palu, Sulawesi Tengah.
Saya melihat bakat saya di bidang IPS sejak mengikuti lomba MASSEO mapel IPS yang diadakan dalam rangka HUT SMPN 1 Bojonegoro. Dalam lomba itu, alhamdulillah  saya mendapat juara 1. Sejak saat itu, saya mulai menekuni untuk belajar lebih jauh tentang IPS. Walupun hanya sekedar membaca buku – buku seperti RPUL. Mulai kelas 7, saya mengikuti ekstrakulikuler OSN IPS yang diadakan setiap hari jum’at dan sabtu di sekolah. Hal itu saya lakukan hingga kelas 8. Namun, di kelas 8 ada hal yang agak berbeda dari bimbingan OSN sebelumnya, yaitu hanya saya satu – satunya peserta OSN IPS laki – laki yang masih aktif. Walaupun begitu, hal tersebut membuat saya terpacu untuk semakin baik. Sebenarnya saya tidak terlalu menguasai materi IPS, karena IPS adalah ilmu yang luas dan selalu berkembang mengikuti kemajuan zaman. Selain itu, IPS juga ilmu yang terdiri dari sub – materi seperti ekonomi, sejarah, sosiologi, geografi, kebumian, dan astronomi. Namun, saya hanya mencoba untuk setidaknya selalu hadir dalam setiap pertemuan bimbingan, karena pasti ada ilmu baru dalam setiap bimbingan yang saya hadiri tersebut.
 
Saya belajar IPS tidak dengan paksaan, namun karena kemauan sendiri dan gaya saya sendiri seperti dengan menonton TV. Gaya belajar seseorang juga harus menyesuaikan dan tidak boleh dipaksakan. Ada orang yang tidak bisa belajar tanpa musik, ada yang hanya bisa belajar jika suasananya tenang, dan lain lain. Bahkan, teman saya OSN mendapat keringanan saat menjalani training center yaitu mengikuti bimbingan sambil bermain PSP, karena dia mengaku tidak bisa menyerap materi tanpa PSP. Menurut saya, tidak ada hal yang sia – sia jika kita mempelajari sesuatu tentang ilmu, walaupun ilmu tersebut toh tidak atau jarang kita gunakan, tetapi setidaknya kita mendapat ilmu tambahan. Contohnya adalah saat bimbingan kelas 8, diberikan materi tambahan yaitu materi astronomi yang diajarkan oleh Bu Restu dari SMAN 3 Bojonegoro.
 
Pada kenyataannya, soal OSN dari tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional tidak ada materi tentang astronomi. Meskipun begitu, soal – soal OSN tersebut tetap menghubungkan materi – materi yang ada, seperti soal geografi dengan astronomi. Bahkan, soal OSN tingkat nasional mengharuskan kita untuk benar – benar memahami isi soal, karena didalamnya terdapat perpaduan materi antara geografi, sejarah, astronomi atau yang lain. Saat berada di Palu, banyak kesan yang tak terlupakan bagi saya. Kesan – kesan tersebut antara lain saya dapat berkenalan dengan teman – teman OSN dari seluruh Indonesia, menikmati wisata edukasi di Sulawesi Tengah dan masih banyak lagi. Ada juga hal yang saya sesali, yaitu saya kurang aktif dalam bergaul dengan sesama teman OSN. Walaupun saya tidak mendapat medali, namun mengikuti OSN tingkat nasional sudah menjadi hal yang saya inginkan dan saya dapat memperoleh sebuah pengalaman yang sangat berharga dan tidak terlupakan.
 
Dibalik prestasi yang saya peroleh ini, tidak akan bisa saya gapai tanpa dukungan orang yang sangat istimewa, yaitu kedua orang tua saya. Merekalah yang selalu saya jadikan motivasi untuk selalu menjadi lebih baik. Tidak lupa kita harus optimis dalam menghadapi ujian, ikhtiar secara maksimal dengan belajar sungguh – sungguh, dan yang terakhir adalah tawakal. Kita serahkan semua hasilnya kepada Tuhan Y.M.E dan tetap berbaik sangka meskipun hasilnya tidak sesuai dengan yang kita harapkan. Kunci keberhasilan ada pada diri kita sendiri, jika kita yakin maka akan terjadi, begitu juga sebaliknya. Namun, keyakinan saja tidak akan membawa keberhasilan tanpa usaha tekun & pantang menyerah yang disertai doa. Sekian dan terima kasih.

 

Last modified on Saturday, 11 June 2016 11:08
Super User

Admin SMP Negeri 1 Bojonegoro

More in this category: Cewek Segudang Prestasi »