Aug 16, 2018 Last Updated 2:47 AM, Aug 13, 2018
Super User

Super User

Admin SMP Negeri 1 Bojonegoro

MASALAH LINGKUNGAN ADALAH ASPEK NEGATIF DARI TINDAKAN TIDAK RAMAH MANUSIA KEPADA LINGKUNGAN
Melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi, dari balita sampai manula. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Sekecil apa pun usaha yang kita lakukan sangat besar manfaatnya bagi terwujudnya bumi yang layak huni.

Oleh sebab itu SMPN 1 Bojonegoro sebagai sekolah adiwiyata Nasional melalui kader siswa yang terhimpun dalam organisasi KOPSA ( Komunitas Peduli Sampah ) SMPN 1 Bojonegoro dalam acara peringatan Kegiatan Hari Anak Nasional 2018 yang dilaksanakan di alun - alun kota Bojonegoro mengajarkan dan melakukan kegiatan peduli sampah. Kegiatan ini bertujuan mengajak generasi muda, khususnya anak-anak sekolah (SD-SMP- SMA) untuk mulai berpartisipasi, peduli dan menumbuhkan kesadaran mengelola sampah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat.Pentingnya menjaga lingkungan wajib harus ditanamkan sejak dini.

Tagged under

Sabtu, 11 Agustus 2018 siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Bojonegoro melakukan Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan kearifan lokal yang ada di Indonesia ini . Sebanyak kurang lebih  315 siswa mengikuti kegiatan ini, meraka sangat antusias dalam menyelami kearifan lokal yang terdapat di Negara Indonesia ini, selama ini mereka hanya mendengarnya namun tidak begitu mengenalnya. Untuk itu kegitan ini dilaksanakan demi menjaga kearifan lokal dan permainan tradisional yang di zaman - zaman ini sudah mulai hilang dan tidak dikenal.

Tagged under

Dunia pendidikan adalah dunia yang melibatkan banyak pihak  di dalamnya. Banyak hal terkait dengannya. Banyak faktor penentunya. Banyak halangan dan rintangannya. Dunia pendidikan akan maju dan berkembang, jika banyak pihak yang ambil andil dan terlibat dalam mensukseskannya.

Orang tua, guru, pemerintah dan masyarakat kesemuanya itu merupakan komponen penting dalam pendidikan. Kesemua pihak harus membangun komunikasi yang baik untuk kemajuan pendidikan. Karena majunya pendidikan tidak hanya tanggung jawab guru atau sekolah semata, melainkan tanggung jawab kita bersama.

Senin, 16 Juli 2018 SMPN 1 Bojonegoro melaksanakan pertemuan antara para orang tua siswa baru dengan para guru dan pihak sekolah atau lebih populer dengan istilah parenting. Hal ini merupakan hal yang baik dan awal yang positif sebelum KBM tahun pelajaran baru dimulai. Pertemuan antara orang tua dan guru bisa dijadikan sarana untuk sharing terkait rencana program dan tujuan yang ingin dicapai bersama antara pihak sekolah maupun orang tua.

Diharapkan dari Parenting ini akan membawa dampak yang signifikan dalam kemajuan kemampuan Peserta Didik dalam proses belajar.

Tagged under

Dalam serangkaian progam In House Training SMPN 1 Bojonegoro Tahun 2018 yang dilaksanakan selama tiga hari dimulai sejak hari Jum'at 06 Juli 2018 hingga berakhir hari Minggu 08 Juli 2018. Berbagai kegiatan telah dilakukan didalamnya, setelah pada Hari pertama dan kedua kegiatan IHT dilaksanakan di SMPN 1 Bojonegoro yang tepatnya berada di Aula Timur lantai 2. Pada hari ketiga atau sebagai puncak kegiatan In House Training, sebagai penutup dari rangkaian acara yang telah dilaksanakan, seluruh guru dan karyawan SMPN 1 Bojonegoro diajak untuk melaksanakan Outbond di Hutan Pinus Sarangan. Tidak lain tujuan dari progam ini adalah untuk meningkatkan hubungan kerjasama yang solid dan bersinergi sehingga Team building dan Team Work dapat dicapai dalam pelaksanaan pekerjaan yang akan dihadapi kedepannya.

Tagged under

Dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya tenaga Pendidik dan Kependidikan di SMP Negeri 1 Bojonegoro, Mengawali Tahun Ajaran Baru 2018 / 2019 SMPN 1 Bojonegoro melaksanakan IN HOUSE TRAINING ( IHT ) sebagai bentuk Implementasi dari amanat Peraturan Pemerintah tentang Standar Nasional Pendidikan. Ada beberapa maksud dan tujuan dari pelaksanaan Kegiatan In House Training ini diantaranya adalah yang pertama Meningkatkan Mutu  Pendidik dan Kependidikan, kemudian yang kedua adalah menyusun rencana kerja sekolah, membuat pedoman sekolah, membuat RKJM Sekolah dan yang terakhir adalah menyusun RKAS.

" Pedoman Pengelolaan Sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 1 Bojonegoro Tahun ajaran 2018/2019. Menuju Spensabo Jaya Mendunia " adalah merupakan tema dari In House Training yang dilaksanakan pada  Jum'at s/d Minggu, 06-08 Juli 2018.


Penyusunan Laporan Hasil Praktik / Diskusi Kepada Penanggung Jawab Mutu Sekolah

 


Praktik / diskusi Penyusunan RKAS  / RKJM

 


Praktik / diskusi Penyusunan RKAS / RKJM

 

Tagged under